/
/
Tak Hafal Sila ke-4 Pancasila, Ketua DPRD Kabupaten Lumajang Mengundurkan Diri

Tak Hafal Sila ke-4 Pancasila, Ketua DPRD Kabupaten Lumajang Mengundurkan Diri

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Ketua DPRD Lumajang, Anang Akhmad Syaifuddin memutuskan mundur dari jabatannya sebagai ketua DPRD Kabupaten Lumajang, Senin (12/9/2022). Hal ini buntut dari video viral di sosial media, terkait Anang yang tidak hafal sila ke-4 Pancasila.

Pengunduran diri itu disampaikan secara langsung oleh Anang didepan 36 anggota dewan yang hadir dan Bupati Lumajang Thoriqul Haq, saat memimpin rapat paripurna DPRD dengan agenda pembahasan raperda perubahan APBD tahun anggaran 2022.

“Dalam kesempatan yang berbahagia ini, dalam paripurna DPRD, dalam ruangan yang terhormat ini, dengan ucapan bismillahirrahmanirrahim saya dengan hati yang sangat menyesal mengundurkan diri dari Ketua DPRD Kabupaten Lumajang,” ucap Anang dilansir detikJatim, Senin (12/9/2022).

Anang berharap dalam kejadian ini bisa menjadi pelajaran bagi masyarakat Indonesia, apalagi yang berstatus sebagai pemimpin. Dalam keputusannya tersebut, ia ingin menjaga marwah DPRD Kabupaten Lumajang.

“Untuk menjaga marwah DPRD kabupaten Lumajang, untuk menjaga dan menjadikan ini pembelajaran bagi kita semua siapapun pemimpin di negeri ini,” ujar Anang.

Momen saat Ketua DPRD Lumajang tidak bisa menyebutkan sila ke empat itu diunggah oleh akun Instagram @fakta.indo, yang terjadi ketika Anang menghadiri acara yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). Selama cuplikan video tersebut, Anang tengah memimpin pembacaan Pancasila.

Dari sila pertama hingga sila ketiga, tidak ada kesalahan yang terjadi. Pada akhirnya, Anang keliru dalam mengucapkan sila keempat Pancasila.

“Empat, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat dalam kebijaksanaan dan permusyawaratan,” imbuh Anang.

Sontak, sejumlah mahasiswa menyadari dan mengingatkan bahwa sila keempat yang dibacakan oleh Ketua DPRD Kabupaten Lumajang Anang Akhmad Syaifuddin salah.

Dwiki

Redaktur

Dwiki

Redaktur