/
/
Tarif KRL Bakal Naik Awal Tahun Depan 2023

Tarif KRL Bakal Naik Awal Tahun Depan 2023

Tarif KRL Bakal Naik Awal Tahun Depan 2023
Tarif KRL direncanakan naik tahun depan. Credit: RED/Ikko Haidar Farozy

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Wacana kenaikan tarif KRL (Kereta Rel Listrik) Commuter Line kembali mencuat.

Risal Wasal selaku Plt Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan menyatakan bahwa kemungkinan kenaikan tarif KRL akan ada di tahun depan.

Risal bahkan menyatakan sudah adanya Peraturan Menteri yang diteken tentang kenaikan tarif KRL. Pihaknya memutuskan untuk tarif baru berlaku hanya tinggal menunggu waktu yang tepat. Kenaikan tarif bisa direalisasikan di sekitar awal tahun 2023, dan ini merupakan salah satu opsi waktunya.

“Insyaallah kami sudah siapkan Peraturan Menteri soal penyesuaian lah, dan kemungkinan tentang kenaikan penyesuaian tarif terhadap KRL dan juga moda angkutan massal kereta api lainnya. Ini dilakukan karena terkait PSO dan juga tarif pendek yang dibebankan ke masyarakat,” ucap Risal di kantornya, Jakarta Pusat, Senin (12/12/2022) kemarin.

“Kapan penyesuaian tarif? tinggal tunggu waktu. Harus disesuaikan PSO kalau tidak, tarif bisa berkurang. Insyaallah di 2023 awal akan ada informasi soal kenaikan tarif,” tambahnya.

BACA JUGA: Viral Video Siswa SMA Bentak dan Tantang Guru di Kelas, Warganet Geram

Lalu untuk tarif KRL berapa besar kenaikannya? Risal Wasal menjawab bahwa, angka kenaikan tarif tidak akan jauh dari simulasi kenaikan sebelumnya yang pernah dibuat dan dijalankan Kemenhub pada awal tahun ini (2022).

“Besaran angka untuk kenaikan tarif nggak akan jauh dari situ (hitungan Kemenhub di awal tahun). Nanti akan diumumkan, kami juga akan mengkaji waktu yang pas untuk penyesuaian tarif,” ujar Risal Wasal.

Dilansir dari detikcom, sebelumnya Ditjen Perkeretaapian pernah memaparkan tentang tarif KRL yang akan naik adalah tarif dasar yaitu sejauh 25 kilometer (km) untuk perjalanan pertama KRL.

BACA JUGA: Cerita Lucu Naik KRL Nyasar, Penumpang: Stasiunnya Sepi dan Horor

Jika awalnya tarif KRL untuk 25 km pertama itu hanya di angka Rp 3.000, dan rencananya dinaikkan menjadi Rp 5.000, kemungkinan tarif KRL bakal naik sebesar Rp 2.000. Sementara itu, untuk tarif lanjutan KRL per 10 km berikutnya tidak mengalami kenaikan, tetap di angka Rp 1.000.

Plt Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Risal Wisal menambahkan rencana kenaikan tarif dilakukan sepaket, bukan hanya pada KRL saja. Dan kenaikannya pun tidak akan besar dan dari perubahan tarif tersebut, bakal meningkatkan dari segi pelayanan bagi para konsumen.

“Insyaallah ini sepertinya sepaket (tarif non KRL juga naik). Tidak akan mahal lah kan bakal ada peningkatan pelayanan-pelayanan harus disiapkan juga. Ada harga ada barang,” kata Risal.

Dwiki

Redaktur

Dwiki

Redaktur