/
/
Teknologi, Alat Bantu yang Mengikat Manusia dalam Kebutuhan Sehari-hari

Teknologi, Alat Bantu yang Mengikat Manusia dalam Kebutuhan Sehari-hari

Teknologi, Alat Bantu yang Mengikat Manusia dalam Kebutuhan Sehari-hari
Ilustrasi manusia membuat teknologi robot. Credit: Istimewa

Share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Teknologi yang mulai digunakan secara masif merupakan salah satu tanda perkembangan zaman saat ini. Perkembangan dari teknologi yang semakin memudahkan makhluk hidup di dunia ini, dipengaruhi oleh ilmu pengetahuan dari masa ke masa yang semakin baik. 

Di era modern seperti saat ini, mayoritas manusia sudah memanfaatkan teknologi dalam kegiatan sehari-hari. Bahkan, bergantung dan menjadi kebutuhan dasar bagi setiap orang, karena teknologi dapat mempermudah dalam melakukan berbagai aktivitas dan yang terpenting lebih efisien.

Apa sih Teknologi itu?

Secara etimologi, akar dari kata teknologi berasal dari bahasa Yunani yaitu tekhnologia, gabungan dari kata “techne” dan “logos”. Techne berarti art atau skill (keahlian) yang berarti serangkaian prinsip atau metode rasional dan seni, sedangkan logos berarti science of study (pengetahuan). Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata teknologi mengandung arti keseluruhan sarana dalam mencapai tujuan praktis, atau menyediakan barang-barang yang dibutuhkan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.

BACA JUGA: Sepak Bola, Olahraga semua Kalangan yang Dulunya Bernama “Tsu Chu”

Sementara itu, pengertian teknologi secara umum adalah sebagai pengetahuan ilmiah mengenai keterampilan untuk menciptakan alat, sehingga metode yang dihasilkan guna membantu menyelesaikan berbagai pekerjaan manusia. Teknologi pun dimanfaatkan oleh berbagai sektor untuk membantu kegiatannya. 

Lantas, bagaimana definisi menurut para ahli?

Para ahli ini, dalam menyikapi tumbuh kembangnya teknologi memiliki pengertiannya tersendiri.

1. Manuel Castells

Manuel Castells
Manuel Castells Sosiolog asal Spanyol. Credit: Istimewa

Sosiolog asal Spanyol tersebut, mendefinisikan bahwa teknologi merupakan suatu kumpulan alat, aturan, dan juga prosedur yang merupakan penerapan dari sebuah pengetahuan ilmiah terhadap sebuah pekerjaan tertentu dalam suatu kondisi yang dapat memungkinkan terjadinya pengulangan.

2. Jacques Ellul

Jacques Ellul
Jacques Ellul seorang filsuf, sosiolog, teolog, and anarkis Kristen. Credit: Istimewa

Menurut Jacques Ellul, seorang filsuf, sosiolog, teolog, and anarkis Kristen, teknologi ini adalah keseluruhan metode yang diciptakan secara rasional serta mengarah. Dan juga memiliki ciri atau sifat yang efisiensi dalam tiap-tiap kegiatan manusia.

3. Yusufhadi Miarso

Yusufhadi Miarso
Yusufhadi Miarso Bapak Teknologi Pendidikan Indonesia. Credit: Istimewa

BACA JUGA: Kecelakaan Beruntun di Cibadak Sukabumi, 1 Meninggal Dunia 4 Kendaraan Rusak Berat

Bapak Teknologi Pendidikan Indonesia, Yusufhadi Miarso memiliki pandangan bahwa teknologi adalah sebuah bentuk proses yang bisa meningkatkan nilai tambah. Proses tersebut dapat berjalan dengan menggunakan atau menghasilkan suatu produk tertentu, dan ini menjadi satu kesatuan yang tidak terpisah dari produk lain yang telah ada.

Ia juga menambahkan sebagai suatu bagian dari sebuah integral, teknologi terdapat di dalam suatu sistem tertentu.

Dalam perkembangannya, barang pertama yang bisa disebut sebagai pengertian teknologi adalah serpihan batu tajam yang digunakan sebagai pisau ataupun palu. Alat-alat ini diyakini dibuat 3,3 juta tahun yang lalu oleh nenek moyang. Maju ke tahun sesudah masehi, pemanfaatan angin mulai digunakan untuk berlayar dan kincir angin digunakan untuk mengoperasikan pabrik di Persia dan Eropa.

batu mesolitikumm
Batu Mesolitikum. Credit: Istimewa

Di tahun 1000-an awal, terciptalah mesin dalam membantu kebutuhan manusia. Kompas menjadi cikal bakal dari lahirnya mesin, dari mulai jam mekanis, mesin cetak, mesin uap (1765), hingga 1885 terciptanya mobil dan di awal 1900-an hadirlah pesawat. 

Bagaimana dengan internet? Teknologi Telegraf pada tahun 1830-an sering kali dianggap sebagai pendahulu Internet. tidak hanya itu, telegraf pun pemicu lahirnya telepon, listrik, dan barang elektronik lainnya. Internet itu sendiri dibuat pertama kali oleh agensi Departemen Pertahanan Amerika Serikat, yakni Advanced Research Projects Agency (ARPA) pada tahun 1969 yang disebut “ARPANET”. Hingga saat ini, internet terus dikembangkan dalam sistem jaringan agar mempermudah dalam mengakses segala kebutuhan manusia.

Dwiki

Redaktur

Dwiki

Redaktur